Minggu, 10 Januari 2010

10 Cara Memperbaiki PC

Minggu, 10 Januari 2010 |
Berikut ini adalah checklist cepat tentang cara untuk memperbaiki kesalahan di komputer:


1. Restart komputer Anda. Ini bukan lelucon. Dengan me-reboot saja sering kali akan menyelesaikan masalah. Memang disini sebenarnya sudah ada gejala-gejala masalah. Tapi kadang permasalahan itu bisa diabaikan, atau akan hilang dengan sendirinya karena proses rutin dari Windows XP.

2. Googling kesalahan. Paste teks kesalahan ke mesin pencari Anda dan lihat hasilnya. saya biasanya hanya melakukan copy-dan-paste ketika saya mendapatkan beberapa kesalahan yang tak dapat dipahami. Dari situ kita akan mendapatkan beberapa solusi. Cobalah solusi itu dan pastikan anda menemukan solusi yang tepat dengan permasalahan Anda.

3. Kunjungi forum. Kesalahan yang umum biasanya sudah banyak orang yang mengalaminya. Maka masalah yang menimpa anda mungkin telah terjadi kepada orang lain sebelumnya. Dan mereka telah menemukan solusi dan ia dikirim ke suatu tempat di ribuan forum online. Yang perlu anda lakukan adalah masuk ke dalam forum-forum tersebut dan mendapatkan jawabannya.

4. Milikilah registry cleaner. Sebuah software registry repair tool sangat penting untuk menjaga komputer Anda berjalan pada tingkat optimal. Registry cleaner akan memindai PC registri dan menghapus semua kekacauan yang telah terjadi di sana.

5. Aktifkan anti virus dan firewall. Permasalahan akan mulai muncul saat Anda menonaktifkan antivirus atau firewall. Jika ada aplikasi yang meminta akses khusus, pastikan anda mengetahui fungsi aplikasi tersebut, jika tidak yaki ada baiknya jika Anda membatasi akses tersebut dengan firewall sehingga Ana lebih aman.

6. Ingatlah apa yang Anda lakukan apabila terjadi kesalahan. Sekarang Anda sudah memahami atau bahkan sudah menjalankan poin-poin diatas. Yang perlukan adalah mengingatnya apabila kesalahan itu terjadi lagi. Bila perlu buatlah suat buku catatan singkat sehingga jika masalah itu terjadi lagi, Anda dapat dengan mudah mengatasinya tanpa harus mencari informasi di search engine atau ke forum.

7. Biasakan untuk melakukan backup data secara berkala. Komputer bisa saja setiap saat atau secara berkala mengalami masalah. Pastikan bahwa ketika hal ini terjadi , Anda masih memiliki cadangan data di tempat lain yang aman.

8. Ingatlah bunyi beep. Kebanyakan produsen BIOS memiliki kode beep untuk memberikan petunjuk mengenai penyebab kesalahan yang Anda mengalami. Kenalilah kode-kode itu. Hal ini akan menghemat waktu Anda ketika Anda harus memperbaiki kesalahan pada komputer.

9. Meminta bantuan secara remote. Jika ada diantara teman Anda yang mempunyai kemampuan lebih di bidang komputer, mintalah mereka untuk membantu Anda untuk memperbaiki PC melalui telpon atau bisa juga dengan remote assistan. Dengan remote assistan Anda bisa melihat bagaimana dia menyelesaikan masalah di komputer anda.

10. Jika semuanya gagal, panggil teknisi untuk memperbaikinya.


Related Posts



1 komentar:

arief_pirlo mengatakan...

cara memperbaiki PC yang tidak bisa copy paste karena error gmna ya....

Posting Komentar

Mau Uang..?

Smadav Anti Virus

”smadav
free counters Free Automatic Backlink Counter Powered by  RedCounter

Arsip Blog